MAN Batam Gelar Sosialisasi Kurikulum Merdeka

BATAM, HUMAS - Kamis (9/6) siang, Madrasah Aliyah Negeri Batam menggelar sosialisasi terkait Kurikulum Merdeka. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan para tenaga pendidik di Tahun Pelajaran 2022-2023 tentang Pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Agenda dilaksanakan dalam meeting room MAN Batam yang dihadiri oleh Tenaga Pendidik MAN Batam dan MA USB Filial MAN Batam.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Instruktur Nasional, Adi Saputra, M.Pd. Beliau juga Kepala SMA Negeri 20 Batam sekaligus Ketua MKKS Kepri dan Kota Batam. Dalam materinya, Adi menyampaikan banyak hal penting terkait Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan.

“Terkait Kurikulum Merdeka untuk madrasah sudah diatur dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Dalam Kurikulum Merdeka sekolah aman dan nyaman. Selain itu, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang mengatur adalah pihak sekolah meliputi tujuan, pembelajaran, dan asesmen. Di jenjang SMA/MA, mata pelajaran seperti Kimia, Biologi, Fisika dikumpulkan menjadi satu yaitu IPA, begitu juga untuk mata pelajaran yang lain. Maka guru mata pelajaran akan merancang serta membuat kolaborasi dalam pembelajaran,” ujar Adi Saputra.

“Kurikulum Merdeka itu bersifat holistik (menyeluruh). Selain itu, berbasis kompetensi yang ingin dikembangkan. Jadi bukan hanya sekedar konten belaka. Serta bersifat kontekstual dan personalisasi. Sehingga pembelajaran yang dirancang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari dan dibahas terkait permasalahannya,” lanjutnya.

Terdapat banyak keunggulan dalam Kurikulum Merdeka ini. Semua berpusat kepada peserta didik. Semoga melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pemahaman dan wawasan kepada tenaga pendidik di MAN Batam dan MA USB Filial MAN Batam. Sehingga terbentuknya profil pelajar pancasila yang meliputi beriman dan bertaqwa, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Serta mampu menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas. (MY)

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei