Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional MAN Batam 2022

Batam, Humas – 25 November ditetapkan  sebagai Hari Guru Nasional yang juga sekaligus menjadi Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77. Pada tahun ini HUT PGRI yang diselengggarakan Kementerian Agama mengusung tema “Berinovasi Mendidik Generasi”.

Upacara Bendera di MAN Batam dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Dr. Zulkarnain, S.Ag., M.H., selanjutnya Komandan Upacara Bapak Aulia Nasher, S.Pd., Pengibar Bendera Bapak Abdul Hady, S.Hum., Ibu Maysarah L Utami, S.Pd., dan Bapak Pebri Sahputra, S.Pd., Pembawa Acara Bapak Masri Jamal, S.Pd., Pembaca Undang-Undang Dasar 1945 Ibu Vuji Pasminanda, S.Pd., Ajudan Inspektur Bapak  Alfino Teguh Damutiara, S.H., Pembaca Doa Bapak Ari Rahma Putra, S.Pd., dan Drijen Paduan Suara Bapak Ahyarudin, S.Pd.

Petugas upacara terdiri dari para guru MAN Batam yang sebelumnya sudah melakukan latihan-latihan serta gladi guna menyempurnakan gerakan-gerakan serta hal-hal lainnya agar maksimal pada saat hari upacara.

Dalam pelaksanaan upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam selaku Inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Agama dalam Peringatan Hari Guru Nasional ke-77 tahun 2022 yang terdiri empat poin penting untuk para guru di Indonesia.

Pertama, terus menjadi pribadi pembelajar. Sebab, mengajar pun bagian dari belajar, Saat guru mengajar, pada hakikatnya dia juga sedang belajar.

Kedua, setelah dua tahun pandemi Covid-19, saat ini kita memasuki masa learning recovery, pemulihan proses pembelajaran. Ini mengkondisikan guru untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi informasi.

Ketiga, terus perkuat Moderasi Beragama dan sukseskan Tahun Toleransi. Jadikan agama sebagai sumber inspirasi untuk memuliakan harkat kemanusiaan, meneguhkan komitmen kebangsaan, toleran, dan anti kekerasan. Hormati keragaman budaya lokal dan segala bentuk perbedaan. Jauhi politisasi agama. Hindari perpecahan, terlebih dengan membawa-bawa ajaran agama. Hadirkan agama sebagai rahmat bagi semesta.

Keempat, Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru, Kementerian Agama memperjuangkan adanya skema baru, seperti penambahan kuota Pendidikan Profesi Guru (PPG), melalui jalur pembiayaan LPDP.

Selain civitas akademika di MAN Batam, peserta upacara juga terdiri dari para pegawai dari Kantor Kementerian Agama Kota Batam. Selesai upacara, seluruh peserta upacara ikut dalam proses penyerahan Bungan serta pemotongan tumpeng. (ZK)

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei