Kakan Kemenag dan Kadis Budpar Kota Batam Buka Acara MAN Art Fest 2022

Batam, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama beserta Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Batam membuka secara resmi kegiatan MAN Art Festival 2022. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemotongan pita yang juga didampingi oleh Kepala MAN Batam, Kepala Tata Usaha MAN Batam, Ketua Komite MAN Batam, dan Ketua Panitia Pelaksana MAN Art Festival 2022.

MAN Art Festival merupakan kegiatan pameran mahakarya para siswa/i MAN Batam dalam bidang seni, budaya, dan kewirausahaan. Pada tahun ini kegiatan MAN Art Fest 2022 mengusung tema “Melestarikan Budaya, Merajut Keberagaman”.

Khusus untuk kelas X, kegiatan MAN Art Fest 2022 dijadikan sebagai ajang pameran projek P5 yang merupakan salah satu indikator pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Projek P5 merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka, yang dibentuk dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Tujuan P5 antara lain adalah untuk mengoptimalkan kemampuan siswa. P5 sendiri merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Dr. H. Zulkarnain, S.Ag., M.H., yang merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam dalam sambutannya menyampaikan tanggapannya terkait pelaksanaan MAN Art Festival di MAN Batam tahun 2022.

“Sebuah inovasi dalam pembelajaran yang sangat bagus saya kira, karena kita Bapak dan Ibu harus membuat nyaman para peserta didik kita. Seharian lebih kurang anak-anak kita berada di Madrasah, jadi apabila tidak ada inovasi dalam  pembelajaran, maka saya yakin peserta didik akan merasa jenuh”.

“Harapan saya, semoga kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi peserta didik kita untuk memahami budaya dan karya seni khususnya di tanah melayu, dan mereka juga bisa mulai membangun jiwa entrepreneur merka didunia usaha millennial, serta mengahsilkan berbagai penelitian-penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas”, sambungnya.

Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Batam, Drs. Ardiwinata, juga turut menyampaikan tanggapannya terkait penyelengaraan MAN Art Festival 2022.

“Luar biasa anak-anak Madrasah bisa memilki kemampuan seperti ini, tidak kalah dengan anak-anak SMA maupun SMK. Ini sebuah kegiatan yang sangat positif untuk mempersiapkan siswa/i kita nantinya untuk terjun ke masyarakat".

"Melalui model pembelajaran seperti ini saya kira mereka lebih bisa memahami dan menyentuh langsung dunia permasyarakatan yang nantinya akan dirasakannya setelah tamat dari Madrasah. Harapan saya semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat selalu diagendakan, karena berdampak sangat baik bagi anak-anak kita”.

Kegiatan MAN Art Festival dilaksanakan selama dua hari, mulai dari hari Selasa (25/10) sampai dengan hari Rabu (26/10) di Kampus MAN Batam. Kegiatan terdiri dari Pameran Karya Seni dan Budaya, Stand Bazar, serta Pameran Hasil Penelitian Projek P5. (ZK)

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei