MAN Batam Laksanakan PAS/SAS Semester Ganjil T.P. 2022-2023

Batam, Humas – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batam melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Sumatif Akhir Semester (SAS) pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023.

Metode PAS dan SAS yang digunakan adalah Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan aplikasi exambrowser untuk menyokong hasil PAS dan SAS yang lebih akurat.

Exambroeser sendiri adalah aplikasi yang berbasis android dan windows yang memiliki fitur pengamanan ujian lebih sensitive. Fitur yang dimiliki adalah anti screenshot, anti dua layar, anti tombol kembali, tombol home, tomboh recent, menyembunyiakn navigasi, dan menyembunyikan notifikasi.

Penggunaan Exambrowser ini bertujuan untuk mendidik siswa/i menjadi lebih jujur dan lebih mandiri dalam melaksanakan PAS dan SAS. Selain itu, dengan adanya Exambrowser ini memperkecil kemungkinan para siswa melakukan kecurangan pada saat PAS dan SAS.

Ketua panitia pelaksanaan PAS dan SAS, Jasmi Roza, S.Pd., M.Pd., menyampaikan mekanisme dalam pelaksanaan PAS dan SAS di MAN Batam pada semester ganjil T.P. 2022-2023.

“PAS dan SAS dilansanakan selama sembilan hari mulai dari hari Senin (28/11) sampai dengan hari Kamis (08/12). Setiap harinya terdapat satu mata pelajaran untuk siswa-siswi kelas X dan dua mata pelajaran untuk kelas XI dan XII. Semua mata pelajaran yang diujikan dalam PAS dan SAS sebelumnya sudah melewati tahapan validasi oleh oara validator untuk meningjkatkan mutu dari soal tersebut”.

“Harapannya semoga dengan adanya PAS dan SAS ini, dapat meningkatkan motivasi belajar para siswa-siswi serta menjadi bahan evaluasi bagi para dewan guru terkait dengan hasil dari PAS dan SAS yang menunjukkan capaian daya serap siswa terhadap mata pelajaran tersebut”, tambahnya.

Untuk siswa-siswi kelas XI dan XII masih mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan metode penilaian PAS, sedangkan untuk kelas X sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan metode penilaian SAS. (ZK)

Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei